Bab Pembahasan Ciri - Ciri Pasar Monopoli

Salam harmonis sahabat blogger. Disini saya lanjutkan pada hari yang sama meskipun udah mulai ngantuk tetap semangat untuk share pos membantu tugas makalah sahabat yaitu tentang pasar monopoli, disini bab pembahasan berikutnya yaitu tentang ciri-ciri pasar monipoli. Terus ikuti blog kami semoga bermanfaat.

CIRI – CIRI PASAR MONOPOLI.
Suatu pasar berstruktur monopoli, jika ciri-ciri atau karakteristiknya terpenuhi. Berikut ini cirri-ciri atau karakteristik dari pasar monopoli sbb:
  • Hanya ada satu penjual.
Karena adanya satu penjual, maka harga akan berbentuk langsung. Dalam hal tersebut fungsi penjual adalah sebagai penentu harga ( Price Maker ).
  • Terdapat banyak pembeli, produk tidak memiliki substitusi yang dekat.
Tidak adanya penjual lain yang menjual output yang dapat mengganti secara baik output / produk yang di jual oleh monopolis, contohnya aliran listrik yang mana listrik tidak memiliki komoditas pengganti yang mirip. Minyak lampu dapat menggantikan fungsi listrik dalam kaitannya hanya sebagai penerang, tetapi tidak bisa menggantikan substitusinya sebagai aliran listrik yang dapat digunakan untuk keperluan yang lainnya.
  •  Adanya hambatan untuk masuk kedalam pasar (Barrier to entry).
Hambatan untuk masuk pasar bagi pelaku usaha lain, merupakan kekuatan utama monopoli, hambatan dapat berupa hambatan yang timbul secara alami, sehingga membuat pendatang / pesaing lain pada kondisi yang kurung menguntungkan. Beberapa contoh hambatan yang timbul secara alami yang dimiliki oleh pelaku pasar monopoli yang membuat pesaing sulit untuk masuk dipasar, sbb :
Produsen memiliki hak paten untuk out put yang dihasilkan, seperti ; hak cipta dan merek dagang.
Produsen mempunyai salah satu sumber daya enting dan unik atau produsen memiliki pengetahuan yang lebih dari erusahaan yang lain tentang tekhnis produksi sehingga kan tetap merahasiakannya.
Adanya skala ekonomi yang sangat besar dan memungkinkan pasar hanya dapat dilayani oleh satu perusahaan saja sehingga menjadi lebih efisien, misalnya dalam bidang transportasi kereta listrik, air dan komunikasi.
Produsen memungkinkan untuk menetapkan kebijakan pembatasan harga. Kebijakan pembatasan harga (pembatasan harga sampai pada tingkat yang sangat rendah) dimaksudkan agar perusahaan baru tidak ikut memasuki pasar.

Semoga menambah referensi makalah anda tentang ciri-ciri pasar monopoli. Berikutnya kalau ada kesempatan untuk membuat posting akan saya coba tentang kurva permintaan dan penawaran. Selamat belajar, ikuti terus berita blog kami untuk menambah wawasan sahabat. Terima kasih.

Comments